Kamis, 06 November 2014

Tugas 4, Manusia dan Penderitaan ( Periode II )

NAMA  : PUTRI WAHYUNI
NPM     : 18214631
KELAS : 1EA39
TUGAS : IBD (MANUSIA DAN PENDERITAAN)

        Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya sebuah penderitaan, entah itu penderitaan fisik, penderitaan batin, penderitaan materi atau apapun penderitaan itu. Penderitaan yaitu menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Masing – masing orang mempunyai caranya sendiri untuk mengatasi penderitaannya, tetapi sikap setiap orang untuk menghadapi sebuah penderitaan berbeda-beda. Ada yang bersikap pasrah dan tidak menerima keadaan itu tetapi ada juga yang bersikap menerima dan berusaha untuk memperbaiki keadaan yang ada agar penderitaan itu berakhir. Sikap tersebut dapat membedakan tingkat kesabaran manusia. 
           Penderitaan tidak bisa ditebak kapan akan terjadi dan akan dialami oleh kita. Manusia tidak akan pernah tau kapan, jam berapa, menit keberapa, dan detik keberapa penderitaan akan datang menghampiri hidupnya. Setiap manusia yang hidup di dunia pasti pernah merasakan penderitaan. Baik itu penderitaan ringan atau berat. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang, belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Bisa saja penderitaan itu dijadikan pelajaran dan hikmah untuk orang tersebut. Seseorang ada yang mendapat hikmah yang besar dari suatu penderitaan, ada pula yang menyebabkan kehancuran dalam hidupnya. Oleh karena itu, penderitaan belum tentu tidak bermanfaat. Tergantung bagaimana kita menyikapinya. 
           Macam – macam kasus penderitaan terdapat dalam kehidupan manusia. Banyaknya macam kasus penderitaan yang dialami oleh manusia sesuai dengan liku-liku kehidupan manusia. Hidup tidak akan selalu bahagia, Tuhan memiliki caranya sendiri untuk mengukur sebarapa kuat iman kepadanya. Hidup di duniapun tidak selalu menderita, sedih, ataupun susah. Salah satu contoh yang menjadi penyebab manusia tersebut menderita adalah saat manusia terlalu terbuai dengan kesenangan duniawi, manusia akan melupakan batasan - batasan yang ada sehingga Tuhan akan memberikan cobaan yang membuatnya menderita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar