Kamis, 06 November 2014

Tugas 5, Manusia dan Keadilan ( Periode II )

NAMA  : PUTRI WAHYUNI
NPM     : 18214631
KELAS : 1EA39
TUGAS : IBD (MANUSIA DAN KEADILAN) 


                   Manusia dan keadilan sangat berhubungan dalam kehidupannya sehari – hari. Manusia membutuhkan keadilan untuk hidup lebih tentram dan nyaman. Setiap kehidupan manusia dalam melakukan aktivitasnya pasti pernah mengalami perlakuan yang tidak adil. Jarang sekali kita sebagai manusia mengalami perlakuan yang adil dari setiap aktivitas yang kita lakukan. Keadilan yang dimaksud dalam kehidupan yaitu pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak – hak dan kewajiban. Jika kita ingin mendapatkan sesuatu yang dinamakan hak, kita sebagai manusia harus menjalankan sesuatu yang dinamakan kewajiban. Hak yang kita dapatkan akan sesuai dengan kewajiban yang kita kerjakan.
                Dampak positif dari keadilan itu sendiri dapat menghasilkan kreatifitas dan seni tingkat tinggi, karena ketika seseorang mendapat perlakuan yang tidak adil maka orang tersebut akan mencoba untuk bertanya atau melalukan protes dengan caranya sendiri. Dan dengan cara itulah yang dapat menghasilkan kreatifitas dan seni tingkat tinggi seperti demonstrasi, melukis, menulis dalam bentuk apapun hingga bahkan membalasnya dengan berdusta dan melakukan kecurangan. Walaupun setiap diri manusia  pasti terdapat suatu dorongan atau keinginan untuk berbuat jujur namun terkadang untuk melakukan kejujuran itu sangatlah sulit dan banyak kendalanya yang harus di hadapi, seperti keadaan atau situasi, permasalahan teknis hingga bahkan sikap moral.
            Sebagai manusia kita juga harus bersikap adil pada sesama manusia yang lainnya bahkan terhadap makhluk hidup yang lainnya. Perbuatan adil menyebabkan seseorang dapat memperoleh apa yang menjadi haknya, dan dasar dari hak ini ialah pengakuan kemanusiaan yang mendorong perbuatan manusia itu memperlakukan sesama sebagaimana mestinya. Dengan demikian pelaksanaan keadilan selalu berhubungan dengan kehidupan bersama, berhubungan dengan pihak lain dalam hidup bermasyarakat. Keadilan terletak pada keharmonisan menuntut hak dan menjalankan kewajiban. Keadilan juga berhubungan dengan hak dan kewajiban, dalam lingkup kecil, manusia harus adil dengan hak dan kewajiban. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar