Kamis, 17 November 2016

Sejarah Ekonomi Koperasi

OPINI “SEJARAH EKONOMI KOPERASI”


Koperasi yaitu suatu organisasi bisnis yang dibentuk dan dioperasikan oleh para anggota yang bertujuan untuk kepentingan bersama. Koperasi  juga melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Pada umumnya koperasi yang dibentuk merupakan hasil dari usaha yang tidak langsung dan tidak dilakukan oleh orang – orang yang kaya. Koperasi tumbuh dari kalangan rakyat, ketika penderitaan dalam lapangan ekonomi dan sosial yang menimbulkan oleh system kapitalisme semakin memuncak.
 Menurut pendapat saya dengan adanya organisasi atau kegiatan KOPERASI dapat sangat membantu baik untuk kalangan atas, menengah dan kebawah sekalipun, karena dengan adanya sistem koperasi para masyarakat di Indonesia akan sangat merasa terbantu dalam keekonomiannya untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari – hari dengan membuka usaha atau kegiatan lainnya untuk mendapatkan hasil, dan hasil tersebut dapat digunakan untuk kelangsungan hidup mereka, baik untuk masa sekarang dan masa depan.
Menggunakan bantuan dari koperasi yang ada di Indonesia sangat mudah dan terjangkau tanpa membebani masyarakat yang akan menggunakan jasa koperasi tersebut. Mereka yang mendapatkan bantuan dari  Organisasi Koperasi, harus dapat menggunakan dan memanfaatkan dengan sebaik – baiknya agar berjalan dengan lancar, dan sama – sama membantu oara anggota koperasi dalam tujuan yang akan dicapai oleh para anggota untuk mensejahterakan rakyat dengan bantuan yang diberikan oleh anggota koperasi.
Masyarakat di Indonesia harus bisa menggunakan sebaik – baiknya dan tetap dapat menjalankan kegiatan sistem koperasi ini untuk membantu dan mensejahterakan rakyat di Indonesia. Indonesia harus lebih dapat mengembangkan sistem koperasi tersebut dengan sebaik – baiknya dan membantu untuk mereka yang membutuhkan demi mencapai kelangsungan hidupnya. Pemerintah juga harus memperhatikan dan peduli terhadap keberadaan dan selalu memantau kelangsungan dan berjalannya koperasi yang ada di Indonesia dalam membentuk lembaga yang secara khusus menangani pembinaan dan pengembangan koperasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar