Kamis, 09 Oktober 2014

Tugas 2, Manusia dan Cinta Kasih ( Periode I )

NAMA  : PUTRI WAHYUNI
NPM     : 18214631
KELAS : 1EA39
TUGAS : IBD (MANUSIA DAN CINTA KASIH)

              Manusia diberikan rasa atau perasaan oleh penciptanya. Seperti perasaan cinta kasih. Cinta adalah perasaan (rasa) suka atau tertarik terhadap makhluk hidup, manusia atau bahkan terhadap makhluk hidup lainnya. Sedangkan kasih adalah perasaan kasih atau belas kasih terhadap makhluk hidup seperti manusia dan makhluk hidup lainnya. Cinta Kasih diartikan dengan suatu perasaan manusia yang berdasar pada ketertarikan, kesukaan atau perhatian antar makhluk hidup (manusia) dan makhluk hidup lainnya dengan didasari rasa belas kasih.
           Manusia dengan perasaan cinta kasih tidak dapat dipisahkan, mereka memerlukan perasaan tersebut untuk kelangsungan hidupnya dan untuk menciptakan generasi – generasi yang akan memiliki rasa cinta kasih pula. Manusia memerlukan perasaan cinta dan kasih untuk saling menghormati, mengasihi, menyayangi semua makhluk ciptaan Tuhan. Cinta kasih adalah faktor penting dalam suatu kehidupan bermasyarakat. Sebagai makhluk hidup kita akan saling membutuhkan. Dengan cara memberikan cinta kasih kita akan berhubungan baik dengan makhluk hidup yang lainnya.
            Perasaan cinta harus didasari oleh kasih sayang atau belas kasih. Dalam cinta kasih kita sebagai manusia tidak boleh memandang beda sesama makhluk hidup. Pada hakekatnya cinta kasih tidak terbatas hanya untuk seorang saja, tetapi untuk semua makhluk ciptaanNya. Dengan demikian cinta kasih adalah pengikat yang sangat kokoh antara manusia dengan Tuhannya dan manusia dengan makhluk disekitarnya. Sehingga manusia dapat menyembah Tuhan dengan ikhlas mengikuti perintahNya, berpegang teguh pada syariatNya, dan menjauhkan dari pertengkaran dengan sesama makhluk hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar