Kamis, 09 Oktober 2014

Tugas 1, Manusia dan Kebudayaan ( Periode I )

NAMA  : PUTRI WAHYUNI
NPM     : 18214631
KELAS : 1EA39
TUGAS : IBD (MANUSIA DAN KEBUDAYAAN)

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang sangat sempurna dan istimewah. Manusia diberikan akal pikiran dan manusia adalah makhluk yang berakal budi. Dengan akal pikiran tersebut manusia dapat berkarya dan menciptakan suatu kebudayaan. Tanpa disadari tiap manusia bisa membuat budaya sendiri melalui akal pikiran dan bisa mempengaruhi orang lain disekitarnya. Sehingga dengan seiring waktu berjalan, orang – orang disekitarnya akan memiliki tingkah laku, sifat dan kebudayaan yang sama dengannya.
Pada hakekatnya manusia dan kebudayaan memiliki hubungan yang sangat erat dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan. Hampir semua tindakan yang dilakukan oleh manusia adalah kebudayaan. Kebudayaan yang ada di Indonesia sangat beranekaragam, disetiap daerah memiliki kebudayaan yang berbeda – beda dan unik. Perbedaan ini disebabkan oleh banyak factor seperti tingkat social, lingkungan dan sebagainya. Kebudayaan menjadi suatu kebanggaan karena kebudayaan tersebut adalah asset terbesar yang dimiliki oleh Negara kita.
Sebagai manusia yang diberikan akal pikiran, kita harus bisa menyadari akan budaya yang ada dan melestarikan kebudayaan yang ada di Negara ini secara turun menurun ke generasi – generasi selanjutnya. Dengan adanya kebudayaan, Negara kita terlihat lebih indah dan sangat unik dibandingkan negara – negara lainnya. Suatu kebudayaan tidak akan pernah ada tanpa ada beberapa hal yang mendukung terbentuknya suatu kebudayaan, mulai dari bahasa, pengetahuan, tekhnologi dan lain lain. Semakin banyak manusia yang terlahir, semakin banyak pula terlahir sifat dan kebudayaan yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar